Ayo menjadi Penemu, Rangkuman Materi kelas 6 Tema 3 Subtema 3 - Gema Pendidikan

Wednesday 30 September 2020

Ayo menjadi Penemu, Rangkuman Materi kelas 6 Tema 3 Subtema 3

Ayo menjadi Penemu, Rangkuman Materi kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Tokoh dan Penemuan Semester 1 dengan judul subtema"Ayo, Menjadi Penemu". Rangkuman ini sebagai referensi kami untuk memudahkan Pendidik, Orang Tua dan Siswa. 
Untuk lebih jelas silahkan simak di bawah ini:
B. J. Habibie

 
 

1

Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie adalah Presiden ketiga RI yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia. 

 

 

-

Beliau dilahirkan di Pare-pare, Sulawesi Selatan, tanggal 25 Juni 1936.

 

-

Masa kecil Habibie dilalui di Pare-Pare Provinsi Sulawesi Selatan. Ia memiliki semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi

 

-

Ia melanjutkan SMA di Bandung dan prestasinya selalu menonjol terutama pada pelajaran IPA dan Matematika

 

-

selepas SMA beliau masuk di ITB (Institut Teknologi Bandung) kemudian mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Jerman jurusan Konstruksi Pesawat Terbang

 

-

Habibie selalu menggunakan musim liburannya dengan bekerja mencari uang untuk membeli buku sebagai pendukung sekolahnya.

 

-

Tahun 1960, Habibie mendapat gelar Diploma Ing di Jerman. Ia bekerja di industri kereta api Jerman. Di tahun 1962, Habibie kembali melanjutkan studi di Jerman

 

-

Tahun 1965 Habibie mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan nilai sangat sempurna

 

-

Tahun 1968, Habibie mengundang 40 insinyur Indonesia untuk bekerja di Jerman guna mempersiapkan keterampilan dan pengalaman untuk membuat produk industri dirgantara, maritim, dan darat di tanah air

 

 

 

Thomas Alva Edison

2

 

Thomas Alva Edison adalah salah satu ilmuwan paling terkenal karena beberapa penemuannya yang mampu membawa perubahan dalam kehidupan manusia di dunia.

 

 

-

Pada umur 21 tahun Edison menciptakan penemuan pertama yaitu perekam suara elektronik.  Tidak lama kemudian, ia juga menemukan  dan menyempurnakan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf.

 

-

Puncak penemuannya terjadi pada tahun 1879, yaitu lampu pijar.

 

-

Ia harus mengalami 999 kali kegagalan hingga akhirnya menemukan bahan tahan panas untuk lampu pijarnya.

 

-

Listrik statis atau biasa disebut elektrostatik, bisa diartikan sebagai fenomena fisika yang memperlihatkan terjadinya tarik menarik  yang bersifat sementara.

 

-

Benda-benda yang memiliki muatan berbeda, yaitu muatan positif dan muatan negatif.

 

-

listrik statis dimanfaatkan untuk menyaring partikel-partikel gas yang tidak diinginkan sebelum dibuang ke atmosfer melalui cerobong asap, alat tersebut dinamakan filter elektrostatik. 

 

-

Halilintar atau petir adalah fenomena alam yang menunjukkan adanya muatan listrik statis dengan tegangan yang sangat tinggi.

 

-

Benjamin Franklin ialah ilmuwan yang pertama kalinya pada tahun 1700 menemukan bahwa halilintar merupakan salah satu penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.


2 comments: